Tuesday 22 December 2015

Bagaimana Alkohol Dapat Menyebabkan Kanker

Bagaimana Alkohol Dapat Menyebabkan Kanker

alkohol dapat menyebabkan kanker

Hallo teman- teman berbicara mengenai alkohol maka tidak jauh beda dari kata minuman  keras. Kali ini akan dibahas mengenai bagaimana alkohol dapatmenyebabkan kanker. Alkohol memang teman yang baik bagi anda terutama para remaja yang ingin hidup senang dan menjadi sebuah solusi ketika anda sedang stres, namun tahukah anda bahwa alkohol juga dapat menjadi musuh yang berbahaya bagi kesehatan anda? Ada beberapa hipotesis yang telah muncul untuk menjelaskan bagaimana konsumsi alkohol dapat meningkatkan resiko kanker. Artinya alkohol dapat menyebabkan kangker. Memang masih perluh penelitian lebih lanjut, tetapi setidaknya ada beberapa hal yang dianggap dapat menjelaskan pengaruh alcohol terhadap kanker.


Pertama adalah disebabkan oleh produk metabolismenya yaitu asetaldehid. Asetaldehid dapat menyebabkan kerusakan DNA dan sel-sel dalam tubuh tidak mau melakukan perbaikan dari kerusakan tersebut. Asetaldehid juga memicu pertumbuhan sel hati melebihi normalnya, dan sel-sel yang baru ini mengalami mutasi pada gen-gennya sehingga menjadi kanker. Selain itu, alkohol dapat menyebabkan kanker dengan kontak secara langsung dengan organ tubuh, dengan cara mengiritasi epitilium atau meningkatkan penetrasi  senyawa karsinogen masuk kedalam tubuh melalui mukosa. Hal ini karena alkohol adalah pelarut yang baik sehingga ia dapat meningkatkan kelarutan senyawa lain atau meningkatkan permeabilitas (kemudahan untuk tembus) dari lapisan mukosa mulut. Disamping itu, alkohol juga akan mengurangi pengeluaran air liur  sehingga mengurangi efek pembersihan mulut dan menyebabkan karsinogen dapat terakumulasi di rongga mulut.
Ketiga, minuman alkohol umumnya juga mengandung senyawa lain yang merupakan karsinogen, seperti nitrosamine, hidrokarbon aromatik polisiklik, mikotoksin, ester fenol dan senyawa- senyawa lain yang dihasilkan dalam proses produksinya.


Keempat, alkohol memiliki efek sistemik (keseluruh tubuh). Telah banyak diketahui bahwa pecandu alkohol mengalami malnutrisi dan gangguan fungsi hati, padahal hati merupakan organ tubuh sangat  penting untuk metabolism otak ataupun senyawa karsinogenik lain. Selain itu alkohol juga memiliki efek penekanan terhadap efek system kekebalan tubuh ( immunosupresive ) sehingga menurunkan kekebalan tubuh terhadap kanker dan virus penyebab kanker. Alkohol sendiri juga menyebabkan sirosis hati yang dapat berkembang menjadi kanker  hati.
Kelima, alkohol akan meningkatkan konsentrasi hormon estrogen atau estradiol sehingga juga meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara. Disisi lain, alkohol juga dapat menurunkan kadar asan folat tubuh, yang sangat penting untuk memproduksi DNA secara benar. Kekurangan folat dapat meningkatkan resiko terjadinya hambatan terhadap perbaikan DNA jika terjadi mutasi gen.
Nah teman- teman, anda sudah tahu sendirikan bagaimanaalkohol dapat menyebabkan kanker. betapa bahayanya alkohol bagi kesehatan terutama organ- organ yang ada di dalam tubuh anda. Yang perluh anda ketahui, bahwa alkohol tidak hanya berpengaruh terhadap satu penyakit saja namun masih banyak lagi penyakit yang menanti anda jika anda tetap bersi keras dan terus mengkonsumsi alkohol. Semoga bermanfaat buat anda..




No comments:

Post a Comment