Sunday 8 November 2015

Percil Jawa (Microhyla achatina)

Percil Jawa (Microhyla achatina)


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYf7T7m-mHoWC242lSx9YI9JjaXo9i_3_tYDl_VVvFdCMfhrChYkeqcs1tb8hwKHkdchP1_xF-eSUOprZfPtj-B0T2Rwee12oH2s-TQPuoOrTOMP4K-jXEtJq9jrTLilW0tfZtSUJxG6Pf/s320/microhyla+acathina.jpgDescription: E:\Mihyla_achat_070403_3375_tdp.jpg


KLASIFIKASI ILMIAH
Kerajaan          : Animalia
Filum               : Chordata
Kelas               : Amphibia
Ordo                : Anura
Famili              : Microhylidae
Genus              : Microhyla
Spesies            : Microhyla achatina


Karakteristik:
            Microhyla acathina merupkan katak yang dimasukan kedalam suku Microhylidae (katak mulut sempit), Marga Microhyla. Katak jenis ini merupakan katak kecil dengan kepala dan mulut  sempit serta mata kecil. Katak inimemiliki sepasang garis gelap pada bagian punggungnya. Jari-jari kaki memiliki selaput renang pada dasarnya. Tekstur kulit halus, memiliki warna coklat kekuningan dengan garis-garis kehitaman, sisi lebih gelap dan kadang terdapat garis vertebral tipis dan kecil. Katak jenis ini memiliki ukuran jantan sekitar 20 mm dan ukuran betina sekitar 25 mm.

             Habitat Microhyla acathina biasanya dijumpai di sekitar kolam atau danau yang pinggirannya terdapat rumput dan agak lembab (agak becek), dapat pula ditemui di hutan primer dan sekunder, kadang-kadang juga terdapat di dekat pemukiman manusia seperti sawah, kebun dan pekarangan rumah.
 Penyebaran Microhyla acathina  Endemik di Jawa. Ditemukan menyebar di sepanjang pulau, mulai dari Jawa barat ( Banten, Bogor, Cibodas, Cianjur, Sukabumi, Lembang, Bandung, hingga Leuweung sancang (Garut selatan ) dan Pangandara), Jawa Tengah ( winosobo ) sampai ke Jawa Timur ( Pegunungan Tegger)

 Makanan katak ini terutama berupa semutanai-anai dan banyak jenis serangga kecil lainnya yang merayap-rayap di antara serasah.
 Kodok betina meletakkan sekitar 20 butir telur di genangan air yang menetap seperti di kolamrawa, dan parit yang tidak mengalir.
 Berudu katak jenis ini memiliki bibir seperti corong yang berfungsi untuk makan diatas permukaan air, selain itu memiliki spirakel berukuran sedang yang terletak dibawah tubuhnya dan tertutup oleh selembar kulit, bagian ekor memiliki pita hitam dan filamen pada bagian ujungnya.
             

Peranan Microhyla acathina 

            Microhyla acathina  berperan penting dalam suatu sistem ekosistem, yakni sebagai penye imbang ekosistem baik dalam aliran energi atau rantai makanan dan siklus nutrient. Microhyla acathina  mempunyai kesempatan baik sebagai pemangsa tingkat 1 maupun dimangsa,tetapi apabila berkurang jumlah satwa sebagai pemangsa maka jumlah nyamuk, lalat ataupun serangga lainnya maka juga akan berdampak buruk pada kehidupan manusia. Misalnya hama serangga akan mengganggu tananman petani, nyamuk akan terus bertambah banyak sehingga dapat menggangu manuasia dan sebagainya.



Daftar pustaka
 a b c d e f g Iskandar, D.T. 1998. Amfibia Jawa dan Bali : 55-56. Puslitbang Biologi LIPI, Bogor.
Frost, D.R. 2014. Microhyla achatina Tschudi, 1838 pada laman Amphibian Species of the World: an Online Reference. Version 6.0 (Diakses 27/11/2014). Electronic Database accessible

http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/1170. Diakses pada tanggal 20 Maret 2015.


Penulis/disusun oleh :

Nama    : Adrianus Tita Santana Arep

NIM      : 141434058



1 comment:

  1. Thx banget sangat membantu saya, katak percil ini beranak pinak di kolam saya

    ReplyDelete